MATERI PPKn XI BAB 2 SISTEM DAN DINAMIKA DEMOKRASI PANCASILA

A. Hakikat Demokrasi

1. Makna Demokrasi

a) Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu :

-  Demos yang berarti rakyat

-  Kratos/cratein yang berarti pemerintahan/memerintah

b) Menurut Abrahan Lincoln, Democracy is the government from the people, by the people and for the people

Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Artinya, rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam suatu pemerintahan, dimana masing-masing dari mereka memiliki hak yang sama dalam upaya mengatur kebijakan pemerintahan.

c) Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang mana sistem pemerintahannya mengikutsertakan seluruh rakyat melalui wakil-wakil yang di pilih

2. Ciri-ciri demokrasi

a) Keputusan Pemerintah untuk Seluruh Rakyat

Segala keputusan yang akan diambil adalah berdasarkan aspirasi dan kepentingan seluruh warga negara, bukan atas dasar kepentingan suatu kelompok. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme di dalam masyarakat.

b) Menjalankan Konstitusi

Segalah hal yang berkaitan dengan kehendak, kepentingan, dan kekuasaan rakyat, harus dilakukan berdasarkan konstitusi. Hal tersebut tertuang di dalam penetapan Undang-Undang, dimana hukum harus berlaku secara adil bagi seluruh warga negara.

c) Adanya Perwakilan Rakyat

Dalam sistem demokrasi terdapat lembaga perwakilan rakyat yang berfungsi untuk menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah. Di Indonesia, lembaga ini dinamakan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dipilih melalui pemilihan umum dan kekuasaan dan kedaulatan rakyat diwakili oleh anggota dewan terpilih.

d) Adanya Sistem Kepartaian

Partai merupakan salah satu sarana dalam pelaksanaan sistem demokrasi. Melalui suatu partai, rakyat dapat menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah yang sah.

3.    Prinsip-Prinsip Demokrasi

a) Negara Berdasarkan Konstitusi

Konstitusi atau Undang-Undang adalah suatu norma sistem Politik dan Hukum yang dibuat oleh pemerintah secara tertulis. Konstitusi dijadikan landasan dalam menjalankan negara dan berfungsi sebagai batasan kewenangan pemerintah serta dapat memenuhi hak khalayak.

b) Peradilan Tidak Memihak dan Bebas

Pemerintah tidak boleh melakukan intervensi dalam proses peradilan karena sistem pemerintahan demokrasi menganut peradilan bebas. Artinya, proses peradilan harus netral agar dapat melihat permasalahan secara jenih sehingga menghasilkan keputusan yang adil terhadap perkara yang ditangani.

c) Kebebasan Berpendapat dan Berserikat

Di dalam pemerintahan dengan sistem demokrasi, setiap warga negaranya dapat membentuk organisasi/ berserikat dan memiliki hak menyampaikan pendapat. Namun pada pelaksanaannya, penyampaian pendapat atau aspirasi harus dilakukan dengan bijak.

d) Adanya Pergantian Pemerintahan

Sesuai dengan pengertian demokrasi, pergantian pemerintahan dilakukan secara berkala sehingga meminimalisir penyalahgunaan kekuasaan, korupsi, kolusi, dan juga nepotisme, seperti yang pernah terjadi pada masa pemerintahan orde baru.

Proses pemilihan umum dilakukan secara jujur dan adil untuk memilih pemimpin yang dapat diandalkan dalam menjalankan pemerintahan.

e) Kedudukan Rakyat Sama di Mata Hukum

Di dalam sistem demokrasi, penegakan hukum dilakukan dengan memperhatikan keadilan dan kebenaran tanpa pandang bulu. Artinya, setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama di dalam hukum dan pelaku pelanggar hukum mendapat hukuman tegas sesuai pelanggarannya.

f) Adanya Jaminan Hak Asasi Manusia

Sesuai dengan makna demokrasi, perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi hal yang utama di dalam sistem demokrasi. Pemerintah dan segala insititusinya harus menghormati dan menghargai HAM, dan melakukan tindakan tegas terhadap pelanggar HAM.

g) Adanya Kebebasan Pers

Salah satu cara masyarakat menyampaikan aspirasinya ke pemerintah adalah melalui pers. Di dalam sistem pemerintahan demokrasi, PERS memiliki kebebasan dalam menyampaikan kritik dan saran kepada pemerintah dalam proses pembuatan kebijakan.

3. Macam-macam demokrasi

Berdasarkan Ideologi

a) Demokrasi Konstitusional = Berdasarkan kebebasan individu. Kekuasaan pemerintah dibatasi konstitusi.

b) Demokrasi rakyat = Demokrasi yang mencita citakan kehidupan tanpa kelas sosial dan kepemilikan pribadi 

c) Demokrasi Pancasila, adalah sebuah sistem dimana pemerintahan yang dijalankan dalam Negara didasarkan pada nilai-nilai dalam Pancasila dan berasaskan musyawarah mufakat yang mengutamakan kepentingan umum. 

Berdasarkan cara penyaluran kehendak rakyat

a) Demokrasi langsung = Rakyat secara langsung mengemukakan kehendaknya.

b) Demokrasi perwakilan = Rakyat menyalurkan dengan kehendaknya melalui wakil wakilnya

c) Demokrasi perwakilan sistem referendum = Rakyat memilih wakil nya akan tetapi rakyat masih mengontrol wakilnya.

Berdasarkan titik perhatian rakyat

a) Demokrasi formal = semua orang dianggap mempunyai derajat dan hak yang sama

b) Demokrasi material = demokrasi yang menghilangkan perbedaan dalam bidang ekonomi sedangkan persamaan bidang politik kurang diperhatikan bahkan kadang-kadang dihilangkan

c) Demokrasi gabungan = demokrasi yang menggabungkan kebaikan serta membuang keburukan demokrasi formal dan demokrasi material

B. Dinamika Penerapan Demokrasi Pancasila

1. Pengertian Demokrasi Pancasila

a) Secara umum pengertian demokrasi pancasila adalah suatu paham demokrasi yang dilandaskan pada nilai-nilai yang terkandung pada ideologi pancasila.

Demokrasi Pancasila adalah Demokrasi yang berdasarkan Pancasila, yaitu demokrasi yang didasari, dilandasi, dijiwai, disemangati oleh nilai-nilai yang terkandung dalam PancasiLa.

Karakter utama Demokrasi Pancasila adalah sila keempat Pancasila, yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

b) Ensiklopedia Indonesia

Demokrasi Pancasila bahwa Pancasila meliputi bidang-bidang politik, sosial, dan ekonomi.  Serta diaplikasikan dalam penyelesaian masalah-masalah nasional yang berusaha sejauh mungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat (keputusan terbaik).

c) Prof Dardji Darmo Diharjo

Demokrasi pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber dari kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia.  Untuk perwujudannya seperti dalam ketentuan pembukaan UUD 1945.

d) Prof R.M. Sukamto Notonagoro

Demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan dan perwakilan.  Yang ber-ketuhanan Yang Maha Esa, yang ber-kemanusiaan adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia.  Dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

e) Drs C.S.T. Kansil, SH

Demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.  Merupakan sila keempat dari dasar Negara Pancasila seperti yang tercantum dalam alinea ke-4 pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

2. Aspek Demokrasi Pancasila

a) Aspek formal

Demokrasi Pancasila membahas persoalan dan cara rakyat menunjuk wakil-wakil dalam badan-badan perwakilan rakyat dalam pemerintahan dan bagaimana mengatur permusyawaratan wakil-wakil rakyat secara bebas, terbuka dan jujur untuk mencapai kesepakatan bersama.

b) Aspek material (segi isi/subtansi) 

Demokrasi Pancasila harus dijiwai dan diintegrasikan oleh sila-sila lainnya. Maka dari itu, pengertian demokrasi Pancasila tidak hanya merupakan demokrasi politik saja, tetapi juga demokrasi ekonomi dan sosial

c) Aspek normatif 

Demokrasi Pancasila mengungkap seperangkat norma atau kaidah yang mengatur dan membimbing manusia dalam rangka mencapai tujuan bersama. Norma-normra yang terkandung dalam demokrasi Pancasila antara lain norma agama, norma hukum, norma persatuan dan kesatuan, dan norma keadilan.

d) Aspek optatif

Demokrasi Pancasila mempunyai tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia. Tujuan dan cita-cita tersebut, tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke IV.

e) Aspek organisasi 

Dalam aspek ini, organisasi sebagai wadah pelaksanaan demokrasi Pancasila untuk mewujudkan tujuan yang hendak dicapai.

f) Aspek kejiwaan

Demokrasi Pancasila memberi motivasi dan semangat para penyelenggara negara dan para pemimpin pemerintahan.

3. 10 Pilar Demokrasi konstitusional Indonesia

a) Demokrasi yang Berketuhanan Yang Maha Esa. 

b) Demokrasi dengan kecerdasan. 

c) Demokrasi yang berkedaulatan rakyat. 

d) Demokrasi dengan rule of law.

e) Demokrasi dengan pemisahan kekuasaan negara. 

f) Demokrasi dengan hak asasi manusia

g) Demokrasi dengan pengadilan yang merdeka.

h) Demokrasi dengan otonomi daerah. 

i) Demokrasi dengan kemakmuran. 

j) Demokrasi yang berkeadilan sosial. 

4. Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia

Dasar Hukum Pelaksanaan Demokrasi Pancasila

a) UUD 1945 Pasal 1 ayat 2 yang berbunyi “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.”

b) Pancasila sila keempat yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.”

Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia

a) Demokrasi parlementer(1945-1959)

Sistem parlementer ini berlaku satu bulan setelah proklamasi kemerdekaan yang kemudian diperkuat dalam UUD 1945 Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan UUDS 1950.Pemerintahan ink dipegang oleh presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.Pada periode ini ,Indonesia mengalami perubahan UUD sebanyak 3 kali,yaitu sebagai berikut.a.UUD 1945,b.UUD RIS,c.UUDS 1950.

b) Demokrasi Terpimpin(1959-1965)

Pada tahun 1959-1965,diterapkan demokrasi terpimpin yang dalam praktiknya cenderung otoriter.Model ini tidak mendorong tumbuhnya partisipasi rakyat.

c) Demokrasi Pancasila(1966-1998)

Demokrasi pancasila merupakan reaksi terhadap gagalnya demokrasi terpimpin yang terjadi pada masa lalu yang memprihatinkan dan banyak penyelewengan.Pada periode ini Indonesia menegakkan kembali dan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen.Demokrasi pancasila adalah demokrasi yang ditetapkan pada nilai nilai pancasila yang berintikan pada kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

d) Era reformasi (1998-sekarang)

Reformasi adalah sebagai masa perpindahan demomrasi.Sesudah bergulirnya reformasi pada tahun 1998,kebebasan berbicara dan menyatakan pendapat,kebebasan memilih,kebebasan berpolitik dan lain lain semakin terbuka luas.

e) Pemilu yang pernah dilaksanakan di Indonesia, sebanyak 12 kali, yaitu pada tahun 1955, 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, 1997, 1999, 2004, 2009, 2014 dan 2019

C.     Membangun Demokrasi untuk Indonesia

1.    Pentingnya Kehidupan yang Demokratis

Pada hakikatnya sebuah negara dapat disebut sebagai negara yang demokratis, apabila di dalam pemerintahan tersebut rakyat :

a.    Memiliki persamaan di depan hukum,

b.    memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan

c.    memperoleh pendapatan yang layak karena terjadi distribusi pendapatan yang adil, serta

d.     memiliki kekebasan yang bertanggung jawab.

2.    Perilaku yang Mendukung Tegaknya Nilai-nilai Demokrasi

Nilai Demokrasi Pancasila antara lain : nilai musyawarah mufakat, kekeluargaan, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, tidak memaksakan kehendak, kerakyatan, permusyawaratan, hikmat kebijaksanaan

Bukti bahwa negara Indonesia adalah negara demokratis baik secara normatif maupun empirik adalah sebagai berikut :

a.    secara normatif, demokrasi merupakan sesuatu yang secara ideal hendak dilakukan atau diselenggarakan oleh sebuah negara, seperti ungkapan pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat dan istilah kedaulatan rakyat selalu tercantum dalam konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia antara lain UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950 dan UUD Negara RI Tahun 1945 : ‘Kedaulatan ada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang-undang dasar’

b.    secara empirik, demokrasi merupakan sesuatu yang dinamis dan berkembang melalui pengalaman sejarah panjang bangsa Indonesia, yang dimulai adanya demokrasi Pancasila, demokrasi parlementer, demokrasi terpimpin dan kembali kepada demokrasi Pancasila

Untuk menjalankan kehidupan demokratis, kita bisa memulainya dengan cara menampilkan beberapa prinsip di bawah ini dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

a.    membisakan diri untuk berbuat sesuai dengan aturan main atau hukum yang berlaku;

b.    membiasakan diri bertindak demokratis dalam segala hal;

c.    membiasakan diri menyelesaikan persoalan dengan musyawarah;

d.    membiasakan diri mengadakan perubahan secara damai tidak dengan kekerasan;

e.    membiasakan diri untuk memilih pemimpin-pemimpin melalui cara-cara yang demokratis;

f.     selalu menggunakan akal sehat dan hati nurani luhur dalam musyawarah;

g. selalu mempertanggungjawabkan hasil keputusan musyawarah baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa dan negara bahkan secara pribadi;

h.    menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban;

i.     menggunakan kebebasan dengan rasa tanggung jawab;

j.     mau menghormati hak orang lain dalam menyampaikan pendapat;

k.    membiasakan diri memberikan kritik yang bersifat membangun.



Komentar

  1. Nama : Anjani Sabila Muna
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 07
    Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Artinya, rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam suatu pemerintahan, dimana masing-masing dari mereka memiliki hak yang sama dalam upaya mengatur kebijakan pemerintahan

    BalasHapus
  2. Nama : Anjani Sabila Muna
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 07
    Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Artinya, rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam suatu pemerintahan, dimana masing-masing dari mereka memiliki hak yang sama dalam upaya mengatur kebijakan pemerintahan

    BalasHapus
  3. Nama : Singgang Sekar Wangi
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 29

    Materi sudah cukup jelas, disampaikan dalam rangkuman yang mudah dimengerti jika memahami materi yang telah diberikan

    BalasHapus
  4. Nama : Juwita Naura Arisanti
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 16

    Materi yang tertera sudah cukup jelas, bisa dipahami dan bermanfaat

    BalasHapus
  5. Nama : Rahma Resita Mutiara
    Kelas : XI MIPA 5
    NO : 21
    Terima kasih, materi yang telah bapak sampaikan cukup jelas dan mudah difahami dan dimengerti.

    BalasHapus
  6. NAMA : REGITA DYAH IKHWANTARI
    KELAS : XI MIPA 5
    ABSEN : 22
    materi yang disampaikan sudah jelas dan terperinci sehingga mudah dipahami

    BalasHapus
  7. Nama : Ragil Kuning
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 20

    Materi yang diberikan sudah cukup jelas dan materi mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  8. Nama: Fatya Nurbaittrisna
    Kelas: XI MIPA 5
    Absen: 14

    Materi yang disajikan rinci dan mudah dipahami oleh siswa, siswa dengan mudah bisa memahami makna, ciri-ciri, prinsip, macam dari demokrasi.

    Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Artinya, rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam suatu pemerintahan, dimana masing-masing dari mereka memiliki hak yang sama dalam upaya mengatur kebijakan pemerintahan.

    BalasHapus
  9. Nama : Azhariana Eka Rahmawati
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 9

    Materi yang tersedia sudah cukup jelas dan mudah dipahami.
    Terimakasih

    BalasHapus
  10. Nama : Tika Dwi Untari
    Kelas : 11 IPA 5
    Absen : 31

    Materi yang dikirimkan sudah jelas dan mudah untuk dimengerti. terimakasih banyak pak

    BalasHapus
  11. Nama : Adinda Yuhendriatma
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen: 01
    Demokrasi memiliki ciri-ciri
    a) Keputusan Pemerintah untuk Seluruh Rakyat
    b) Menjalankan Konstitusi
    c) Adanya Perwakilan Rakyat
    d) Adanya Sistem Kepartaian

    BalasHapus
  12. NAMA : ANIS NILA NUR FADILAH
    KELAS : XI MIPA 5
    NO :06

    Terima kasih pak, materi yang sudah disampaikan cukup jelas

    BalasHapus
  13. Nama : Maya Mulya Lusiana
    Kelas : XI MIPA 5
    No absen : 18

    materi yang dikirimkan sudah jelas dan mudah dipahami,terimakasih.

    BalasHapus
  14. Nama : Sindyka Mardia Maulia
    Kelas : 11 MIPA 5
    Absen : 28

    Terimakasih pak. Materinya lebih singkat dari yang ada di buku paket. Memudahkan bagi yang malas membaca

    BalasHapus
  15. Nama : Reni Sekarsari
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 23

    Materi yang diberikan sudah cukup jelas dan mudah untuk dipahami.
    Terimakasih pak

    BalasHapus
  16. Nama : ANANDA ANGGORO PUTRI
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen :04

    Terima kasih pak, materi yang dikirimkan sudah jelas dan mudah di pahami

    BalasHapus
  17. Nama : Alvionita Pujiastuti
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 02

    Terimakasih,pak. Materi yang disajikan jelas,terperinci,dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  18. Nama : Gita Silfiana Sari
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 15
    Materi yang diberikan sangat rinci,mudah dipahami oleh siswa dan sangat jelas.
    Terimakasih pak

    BalasHapus
  19. Nama:Samsul Tri Basuki
    Kelas:xi mipa 5
    Absen:26

    materi yang dikirimkan sudah jelas dan mudah dipahami,terimakasih

    BalasHapus
  20. Nama : Anichah isma ardani
    Kelas. : XI mipa 5
    Absen : 05

    Materi yang di berikan sudah cukup jelas dan mudah di pahami,terimakasih pak

    BalasHapus
  21. Nama : Rico Nanda Syahputra
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 24

    Materi sudah jelas sehingga memudahkan dalam belajar. Terima kasih pak

    BalasHapus
  22. Nama : Bintang tegar wicaksono
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 11

    Materi yang disampaikan sudah jelas dan mudah untuk di fahami

    BalasHapus
  23. Nama : Estika Dwi Cahyani
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 13

    Terimakasih pak, materi yang disampaikan dari ringkasan tersebut sudah sangat jelas, diterangkan secara rinci sehingga mudah dipahami dan dimengerti isi dari materi tersebut.

    BalasHapus
  24. Nama : Yunike Shandy Jholan Ninggar
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 35

    Terimakasih Pak, materi dijelaskan dengan detail dan mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  25. Nama : Yeni Aprilia Kristantri
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 34

    Materi yang disampaikan sudah cukup jelas.
    Terimakasih

    BalasHapus
  26. Nama : Alyusa Isa Krisnanda
    Kelas : XI MIPA 5
    No Absen : 03

    Terimakasih pak
    Menurut saya materi yang disampaikan sudah jelas dan rinci sehingga sangat mudah untuk dipahami.

    Intinya rakyat mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah negara

    BalasHapus

  27. Nama : Bagus Priyantoro
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 10

    penjelasan diatas sangat jelas dan rinci jadi mudah dipahami.

    BalasHapus
  28. Nama : Willujeng Risky Ananda
    Kelas : XI MIPA 5
    No. Absen : 33

    Terimakasih kepada Pak Supriyono atas materi yang telah disampaikan. Materi sudah jelas, tidak sulit untuk dipahami atau dimengerti, dan tentunya bermanfaat. Materi yang disampaikan, dijelaskan secara rinci dan detail.

    Saya akan menambah sedikit, yaitu mengenai apa itu KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme )
    ~ Korupsi adalah tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tindak pidana korupsi.
    ~ Kolusi adalah permufakatan atau kerja sama melawan hukum antar-penyelenggara negara dan pihak lain yang merugikan orang lain, masyarakat dan atau negara.
    ~ Nepotisme adalah setiap perbuatan penyelenggara negara secara melawan hukum yang menguntungkan kepentingan keluarganya dan atau kroninya di atas kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

    BalasHapus
  29. Nama : Priziarangga Surya Ramadhan
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 19

    Materi yang disampaikan sudah jelas dan singkat, sehingga mudah dipahami

    BalasHapus
  30. Nama : annisaa nur ms
    Kelas : Xl ips 3
    Absen : 07
    Materi yang diberikan sudah cukup celas

    BalasHapus
  31. Nama : Salma Arindia
    Kelas : XI IPS 3
    No.Absen : 31

    Bagaimana yang terjadi apabila setiap manusia tidak memiliki Jaminan Hak Asasi Manusia??

    BalasHapus
  32. Nama: Latifah Istidhamah
    Kelas: XI IPS 3
    No. Absen: 24
    Materi yang diberikan sudah cukup jelas, singkat dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  33. Nama: Ayu Restiani Febi Resita
    Kelas: XI IPS 3
    Absen: 11

    Materi demokrasi yang disampaikan cukup jelas.. Mudah dipahami dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Nama : Chiquita Putri
    Kelas. : XI IPS 3
    Absen : 15

    Materi yang disampaikan diatas sangat mudah dipahami dan dimengerti karena penyampaian materi nya hanya dengan membaca kemudian dipahami secara cermat.
    Materi yang dibahas diatas adalah materi tentang BAB 2 " Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila " yang penyajiannya disampaikan seraca rinci dan jelas dan tentunya bermanfaat sekali bagi pengetahuan saya tentang Demokrasi Pancasila.

    Saya akan menambahkan sedikit materi yang saya dapat dari google, apa itu KKN ?(Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme )
    ~ Korupsi adalah tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tindak pidana korupsi.
    ~ Kolusi adalah permufakatan atau kerja sama melawan hukum antar-penyelenggara negara dan pihak lain yang merugikan orang lain, masyarakat dan atau negara.
    ~ Nepotisme adalah setiap perbuatan penyelenggara negara secara melawan hukum yang menguntungkan kepentingan keluarganya dan atau kroninya di atas kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

    Semoga selalu bermanfaat.

    BalasHapus
  36. Nama : Ayu Sekar Sari
    Kelas : XI IPS 3
    Absen : 12

    Materi yang disampaikan terperinci dan jelas sehingga memudahkan siswa untuk memahaminya.

    BalasHapus
  37. Nama : Ayu Sekar Sari
    Kelas : XI IPS 3
    Absen : 12

    Materi yang disampaikan terperinci dan jelas sehingga memudahkan siswa untuk memahaminya.

    BalasHapus
  38. Nama : Ayu Sekar Sari
    Kelas : XI IPS 3
    Absen : 12

    Materi yang disampaikan terperinci dan jelas sehingga memudahkan siswa untuk memahaminya.

    BalasHapus
  39. Nama : Aiwy vamilum ifana
    Kelas : xi ips 3
    No. Abs : 04

    Materi yang di berikan sudah cukup jelas dan mudah di pahami

    BalasHapus
  40. Nama : Fasha Kharisma Ramadanni
    Kelas : XI IPS 3
    Absen : 19


    Materi yang diberikan sangat rinci,mudah dipahami oleh siswa dan sangat jelas.
    Terimakasih pak

    BalasHapus
  41. Nama: Alif Herlianti
    Kelas: XI IPS 3
    Absen: 05

    Terimakasih atas materi yang telah bapak berikan. Setelah membaca dan memahami materi tersebut, saya mendapat ilmu baru mengenai makna, ciri-ciri, prinsip, dan macam dari demokrasi.

    BalasHapus
  42. Nama : deva ardianta
    Kelas : xi ips 3
    Absen : 16
    Terimakasih pak atas materi hari ini,materi yang telah bapak berikan sudah cukup jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus

  43. Nama : Widiana Tegar Y
    Kelas : XI IPS 3
    Absen : 35

    Terimakasih pak materi Demokrasi yang anda berikan sudah cukup jelas dan dan mudah dipahami

    BalasHapus
  44. Nama : Assyifa Putri Ramadhanty
    Kelas : XI IPS3
    Absen : 09

    Materi diberikan dalam rangkuman yang jelas, sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami.

    BalasHapus
  45. MUHAMMAD BACHRUL NIZZAR
    XI IPS 3
    27

    Terima kasih pak, Materi yang disampaikan mudah dipahami dan cukup jelas

    BalasHapus
  46. Nama : Andrian Yoga Saputra
    Kelas : XI IPS 3
    Absen : 06
    Terimakasih Pak Atas Materi Yang Telah Disampaikan Kali Ini yang Telah Bapak Berikan Sudah Cukup Mudah Untuk Dipahami

    BalasHapus
  47. Nama : Nadiasel Ogsala
    Kelas : XI IPS 3
    No. Absen : 28

    Saya disini akan menambahkan sedikit pengetahuan mengenai penyimpangan yang terjadi pada era demokrasi terpimpin seperti yang dinyatakan pada materi di atas. Penyimpangan demokrasi terpimpin mengalami puncaknya yakni pada saat terjadinya Gerakan 30S PKI. Gerakan ini memiliki penyebab utama yaitu meningkatnya pengaruh faham komunis dan PKI akibat Nasakom (Nasionalisme, Agama, dan Komunisme) di Indonesia.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  48. Nama = Widya Prameswari
    Kelas =XI IPS
    Absen=36

    Terima kasih pak materi yang diberikan mengenai demokrasi sudah jelas dan bisa dimengerti.

    BalasHapus
  49. Nama : Rahma Octaviani
    Kelas : XI IPS 3
    Absen: 29

    Materi yang diberikan sudah jelas, lengkap, dan terperinci, yang membuat saya mudah memahami dan mengingat kembali materi tentang demokrasi di kelas X. Terimakasih

    BalasHapus
  50. Nama : SHELVI AFKARINA
    Kelas : Xl IPS 3
    absen : 32


    Materi yang diberikan cukup jelas saya mudah untuk mengingat materi
    Materi yang sekarang dan materi sebelumnya

    BalasHapus
  51. Nama: Fina Fajar Febrianti
    Kelas: XI IPS 4
    Absen: 08

    Materi yang diberikan sangat lengkap dan jelas sehingga mudah dipelajari

    BalasHapus
  52. Nama: Nina Andriani
    Kelas: XI IPS 4
    No.Absen: 17

    Terima kasih atas materi yang bapak berikan, karena didalam materi tersebut sudah sangat jelas untuk dipahami

    BalasHapus
  53. Nama : Yassinta Inggrid E N
    Kelas : XI IPS 4
    No.Absen : 31

    Materi yang tersedia sudah cukup jelas dan mudah dipahami.
    Terimakasih

    BalasHapus
  54. Anandha asti ramadhani
    01
    XI IPS 4

    Terimakasih pak, materinya sudah jelas

    BalasHapus
  55. Nama: Yessa Ocnes Dwistyasari
    Kelas:XI IPS 4
    No.Abs:32

    Materi yang di berikan sangat jelas,rinci dan lengkap sehingga sangat mudah untuk mempelajari dan memahami materi tersebut.

    BalasHapus
  56. Nama : Raka Muhammad Rayhan
    Absen :19
    Kelas : XI IPS 4

    Materinya cukup lengkap, bahasanya mudah dipahami pak, terima kasih telah menyampaikan Materinya pak

    BalasHapus
  57. Nama : Mevika Happy Saputri
    Kelas : XI IPS 4
    No. Absen : 15

    Materi yang diberikan sudah lengkap dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  58. Nama : Rosidah Zainatul Anhar
    Kelas : XI IPS 4
    Absen : 21

    Materinya sudah cukup jelas, sehingga mudah dalam memahaminya. Terimakasih pak

    BalasHapus
  59. Nama: Tasman Fajar hadi
    Kelas: XI IPS 4
    Absen: 26

    Materi sudah sangat jelas

    BalasHapus
  60. Nama : Bima Wahyu Narendhra
    Kelas : XI IPS 4
    Absen : 03

    Materi sudah cukup jelas dan mudah dipahami, terimakasih

    BalasHapus
  61. Nama: Nuha Zaki D.
    Kelas: XI IPS 4
    Absen: 18

    Terima kasih pak, materi yang disampaikan tentang sistem demokrasi cukup jelas dan mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  62. Nama : Vania Thirza Kinaryosih
    Kelas : XI IPS 4
    Absen : 29

    Terima kasih Pak, materi yang telah disampaikan cukup jelas Dan mudah dipahami sekali.

    BalasHapus
  63. Nama : Clarissa Puspa Dewi Sutrisno
    No. Absen : 04
    Kelas : XI IPS 4

    Materi yang di berikan cukup jelas dan terperinci sehingga mudah untuk di pelajari.

    BalasHapus
  64. Nama : Septi Widya Astuti
    Kelas :XI IPS 4
    No Absen: 24

    Materi yang Bapak sampaikan tentang Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila sudah jelas, rinci, dan mampu membuat para siswa atau pembaca memahaminya. Terimakasih atas materinya pak.
    Saya mau menambahkan informasi tentang Demokrasi yaitu:
    Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip "Trias Politica" yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (legislatif, eksekutif, dan yufikatif).

    BalasHapus
  65. Nama : Dea Amanda Puspitasari
    Kelas : XI IPS 4
    No. Abs. : 05

    Materi yg bpak tuliskan diatas mudah dipahami dan jelas, dan juga dapat menambah wawasan materi utk para siswa.

    BalasHapus
  66. Nama:Faridatul Ummah
    Kelas:XI IPS 4
    No:07
    Materi yang dipaparkan sudah cukup jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  67. Nama : Andini Assifatu Vanessa
    Kelas : XI IPS 1
    Noabsen : 08

    Materi yang bapak tulis diatas sudah jelas.sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk para siswa

    BalasHapus
  68. Nama: Shofiya Al Karima Putri
    Kelas: XI IPS 1
    No :34

    Materi yang bapak berikan diatas sudah cukup jelas terimakasih

    BalasHapus
  69. disca wahyu a.p
    XI ips 1
    18

    materi yang bapak tulis sangat jelas

    BalasHapus
  70. Nama : Elvia Ardianti Ningrum
    Kelas : XI IPS 1
    No.Absen : 21

    Terimakasih atas materi yang telah bapak berikan tentang SISTEM DINAMIKA DEMOKRASI PANCASILA. Materinya cukup jelas, lengkap, dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  71. Nama : Erlita Sekar Firdausi
    Kelas : XI MIPA 1
    Absen : 14

    Materi yang disampaikan sudah cukup jelas dan dapat dipahami dengan baik, Terimakasih

    BalasHapus
  72. Nama : Selinda Anindita Putri
    Kelas : XI MIPA 1
    Absen : 30

    BalasHapus
  73. Diaz Friska Aulia
    XI MIPA 1
    10
    materi yang disampaikan cukup jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  74. KUKOH STYAPATMA MULIA SANDI
    XI MIPA 1
    20

    Terima kasih banyak Pak atas materi yang telah diberikan. Materi yang diberikan sangat jelas, rinci dan juga mudah dipahami.

    BalasHapus
  75. Nama : Divya Fransiska Maharani
    Absen : 12
    Kelas : XI MIPA 1

    Materi yang dijelasne sudah sangat rinci dan mudah dipahami. Sehingga untuk mengerjakan soal latihan pun mudah

    BalasHapus
  76. Rinatra bangun dirja
    Xl mipa 2
    25

    Materi sangat membantu bagi saya khususnya seorang pelajar. Penjelasan rinci dan sangat mudah dipahami

    BalasHapus
  77. Nama : Fara Afifatuzuh Riyah
    No.absen : 14
    Kelas : XI MIPA 2

    Terimakasih pak atas penjelasan materi yang disampaikan cukup rinci dan jelas sehingga mudah dipahami.

    BalasHapus
  78. Nama : Ziana Av Brezera
    Absen : 36
    Kelas : XI MIPA 2

    Terimakasih atas materi yang sudah bapak berikan. Materi yang disampaikan tentang sistem dan dinamika demokrasi pancasila sudah jelas dan juga mudah dipahami.

    BalasHapus
  79. Nama : Defina Yulianto
    Kelas : XI MIPA 2
    Absen : 08

    Materi yang telah bapak berikan tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sudah jelas, rinci dan mudah dipahami. Terimakasih pak.

    BalasHapus
  80. Nama : Amelia Putri
    No : 01
    Kelas : XI MIPA 2

    Setelah membaca materi yang bapak paparkan pengetahuan saya tentang demokrasi semakin luas, dan menjadi lebih paham tentang demokrasi. Karena materi dituliskan dengan jelas

    BalasHapus
  81. Nama : Ayu Dita Oktavia
    Absen : 05
    Kelas : XI MIPA 2

    Trimakasih pak, materi tersebut sudah lengkap dan sangat membantu dalam belajar Dan mengerjakan soal dalam uji kompetensi

    BalasHapus
  82. Nama : Erlinda Putri A.
    Kelas : XI MIPA 2
    Absen : 12

    Materi yang diberikan sudah jelas, kalimat yang digunakan juga mudah dipahami, dan rinci.

    BalasHapus
  83. Nama : Safira Tri Wahyu N.
    No : 27
    Kelas : XI IPA 2

    Setelah saya membaca blok dari bapak tentang sistem dan dinamika demokrasi pancasila saya menjadi lebih memahami tentang demokrasi. Karena materi sudah jelas dan rinci. Terimakasih pak

    BalasHapus
  84. Nama : Erlinda Putri A.
    Kelas : XI MIPA 2
    Absen : 12

    Materi yang diberikan sudah jelas, kalimat yang digunakan juga mudah dipahami, dan rinci.

    BalasHapus
  85. MERLIN ANGGRAINI
    XI MIPA 2
    18
    Terimakasih pak atas materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila yang sudah bapak berikan.Materi yang bapak berikan sangat jelas dan detail, sehingga materi tersebut dapat dipahami dan dapat mengerjakan uji kompetensinya dengan mudah.

    BalasHapus
  86. Nama:Nindia Lestari
    Kelas : XI MIPA 1
    Absen: 24

    Materi yang disampaikan sudah cukup ringkas jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  87. Nama : Nadila Putri Paningrum
    Kelas : Xl MIPA 2
    Absen : 22

    Terimakasih untuk materi yg telah diberikan. Materi ini abgat lengkap, rapi, Dan sangat mudah dipahami

    BalasHapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  89. Nama : Della Afrenia Eka Nurcahya
    Absen : 08
    Kelas : Xl MIPA 1

    Setelah saya membaca blog dari bapak Tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila saya menjadi lebih paham karena dijelaskan dengan sangat rinci dan lengkap..
    Terimakasih pak

    BalasHapus
  90. Nama : Aura Alviona Fitra
    Absen : 04
    Kelas : XI MIPA 1

    Setelah mempelajari materi diatas, memudahkan untuk mengerjakan soal soal yang diberikan

    BalasHapus
  91. Nama: Moch. Febria w
    No. :19
    Kelas : XI MIPA 2

    materi yang disampaikan sudah jelas dan terperinci

    BalasHapus
  92. Nama : Nabila Shalsa Pramudita
    No : 21
    Kelas : XI MIPA 2

    materi sangat runtut dalam penjelasannya, saya menjadi mudah memahami. Terimakasih pak

    BalasHapus
  93. Nama: Yetri Ma'rifatus Sa'diyah
    No. Absen: 35
    Kelas: XI MIPA 2
    Materi yang diberikan sangat singkat, jelas dan mudah dipahami.
    Terimakasih pak

    BalasHapus
  94. Nama : TRIANA DEWI
    No : 32
    Kelas : XI-MIPA 2
    Materinya cukup jelas dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  95. Nama : Fadila Nurhamidah
    Kelas : XI MIPA 2
    Absen : 13

    Materi yang dijelaskan sudah lengkap, jelas dan mudah untuk dipahami.

    Terima kasih Pak.

    BalasHapus
  96. Nama : Rizky Aditya Saputra
    Kls. : xi ips 2
    No. : 24

    BalasHapus
  97. Nama : Juwita Eka C.
    Kelas : XI IPS 2
    No. Absen : 14

    Terima kasih atas materi yang diberikan, yakni tentang Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila. Setelah memahaminya pasti akan lebih mudah untuk mengerjakan uji kompetensinya.

    BalasHapus
  98. Nama :Wilunda Salsabilla
    Absen : 30
    Kelas : XI IPS 2

    Terimakasih pak.. materi bab 2 tentang sistem dan dinamika demokrasi pancasila ini sangat lengkap, jelas, dan mudah dipahami

    BalasHapus
  99. Nama : Indira Septi Hayati
    Kelas : XI IPS 2
    No. Absen : 12

    Terimakasih Pak, materi yang Bapak berikan sangat mudah untuk dipahami. Selain mudah dipahami, materi juga sangat rinci dan lengkap.

    BalasHapus
  100. Nama : Galis Adelita M.N.
    Kelas. : XI IPS 2
    No.Absen : 10

    Terima kasih pak,atas materi yang bapak berikan,setelah saya membaca materi tersebut saya menjadi paham

    BalasHapus
  101. Nama : Devi Nandira
    kelas : XI IPS 2
    No absen : 08

    Setelah saya membaca materi diatas, materi tersebut sangat mudah dipahami dan cukup jelas. Dengan adanya materi itu, kita semua bisa paham mengenai sistem dan dinamika demokrasi pancasila. Terima kasih pak...

    BalasHapus
  102. Nama Yosi Anyudi
    No absen 32
    Kelas XI IPS 2

    Terimakasih materi nya sudah jelas dan mudah di pahami

    BalasHapus
  103. Nama Annisa yumna amira
    Absen 04
    Kelas XI IPS 2

    Terimakasih pak,, materi bab 2 tentang Sistem dan dinamika pancasila yang bapak jelaskan sangat terperinci dan kata kata nya mudah untuk saya pahami,,

    BalasHapus
  104. Nama Vidya Nandra Kusuma
    No absen 28
    Kelas XI IPS 2

    Terimakasih pak telah memberikan materi yang jelas memudahkan saya untuk mempelajari nya

    BalasHapus
  105. Nama : Aulia Indah Wahyu Nurlailla
    Kelas : XI IPS 2
    Absen : 06

    Setelah membaca materi ini, wawasan saya bertambah terkait dengan Dinamika Demokrasi yang dimana materinya sangat rinci dan mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  106. Nama : Matasya Ezimal Firdaus
    Kelas : XI-MIPA 3
    Absen : 29
    Materi yang diberikan sudah jelas, kalimat yang digunakan juga mudah dipahami, dan rinci.

    BalasHapus
  107. Nama : Arviga Septianasta
    Kelas : XI MIPA 3
    No. Absen : 09
    Terimakasih pak, materi tersebut sudah jelas dan dapat dipahami.

    BalasHapus
  108. Nama : Raras Ahlul Risca Rahmadani
    No. : 35
    Kelas : XI MIPA 3

    Terima kasih pak, materi sangat jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  109. NAMA:ERICA ARTAMEVIA PUTRI
    KELAS:XI MIPA 3
    ABSEN:18

    Materi yang dijelaskan cukup lengkap,singkat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  110. Nama : Revi Belva Armilda
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen : 36

    Terimakasih pak, materi yang bapak berikan sudah jelas dan mudah dipahami sehingga dapat membantu saya dalam mempelajarinya

    BalasHapus
  111. Nama : Aldilla Febrilian Salsabella
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen :04

    Materi yang dijelaskan diatas mudah untuk dipahami dan cukup lengkap isinya.

    BalasHapus
  112. Nama : Lulu Salsabilla
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen : 27

    Materi yang dijelaskan singkat, mudah dipahami dan cukup lengkap, terimakasih pak

    BalasHapus
  113. Nama : Inka amelia rizky
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen : 24
    Materi sudah jelas dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  114. Nama : Lioni Sinta Edilia
    Absen :26
    Kelas. : XI MIPA 3

    Terimakasih pak, materi yang diberikan sudah cukup jelas dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  115. Nama : Aulia Aksya Maharani Putri
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen : 10

    Materi yang disampaikan sudah jelas dan lengkap ,sehingga saya sudah mulai memahami tentang materi tersebut.

    BalasHapus
  116. Nama : Angger Iguh Pratikel
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen : 8

    Terimakasih, blog ini memberikan penjelasan tentang demokrasi terutama yang terdapat di Indonesia secara mendetil dan mudah dipahami. Membuat saya paham bahwa di Indonesia rakyat serta pemerintah dituntut untuk berbenah diri dan menjalankan demokrasi yang benar benar sesuai dengan yang tercantum pada UUD 1945

    BalasHapus
  117. Nama : Ahmad Fauzi
    Kelas : Xl-Mipa3
    Absen : 02

    Terimakasih pak, materi yang ada pada blog ini sudah jelas dan sudah terperinci dan mudah untuk saya pahami

    BalasHapus
  118. Nama : Luthvi Abdolloh
    Kelas : Xl Mipa 3
    Absen :28

    Materi yang ada sudah jelas mudah dipahami dan terperinci

    BalasHapus
  119. Nama : Hilma amalia firstanti
    Absen : 23
    Kelas : XI MIPA 3

    materi yang diberikan sudah jelas dan lengkap sehingga mudah dipahami

    BalasHapus
  120. Nama: MEIRA MAULINA RIZKY
    Kelas: XI IPS 2
    No.absen:16

    Terimakasih pak.materinya sudah cukup jelas untuk dipahami.

    BalasHapus
  121. NAMA : NIKEN DWI SETYANINGRUM
    KELAS : XI MIPA 3
    ABSEN : 30

    saya sangat prihatin dengan kondisi demokrasi di Indonesia. Nilai-nilai pancasila yang harusnya diterapkan dengan susungguh-sungguh malah luntur dengan mudahnya. Banyak koruptor yang pada dasarnya adalah seorang maling negara, malah dilindungi. Buktinya adalah dengan dibentuknya ruu tentang masa tahanan napi koruptor yang menjadi lebih singkat. Dan bahkan KPK yang merupakan badan yang menindak korupsi telah menjadi ASN yang artinya KPK harus bekerja bersama dengan lembaga. pemerintahan lainnya. Masa KPK jadi macan ompong? Dan banyak diantara napi koruptor yang belum tertangkap hingga bertahun-tahun. Dan kalaupun sudah di penjara, banyak sekali penjara mewah yang sudah disiapkan oleh petugas penjara yang ga ada akhlak. Asal mau bayar dapat den tuh kamar dengan tv, hp, komputer, toilet yang bersih, kursi mewah dll. Kalau dibahas semua, penyimpangan demokrasi di Indonesia mungkin bisa menjadi novel yang memiliki ratusan season.

    BalasHapus
  122. Nama : Diva Martta Evi S.
    Kelas : XI MIPA 3
    No : 15

    Materi yang diberikan sudah jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  123. Nama : Tiara Ayu Fadila
    Absen : 34
    Kelas : XI MIPA 4

    Terimakasih pak.. Materinya mudah dipahami

    BalasHapus
  124. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  125. Nama:Farida Amaliya Oktaviani
    No : 16
    Kelas: XI MIPA 4


    Materi yang disajikan sudah jelas, apabila dipahami dengan benar.

    BalasHapus
  126. Nama:Ade dimas p
    Kelas:Xl Mipa 4
    Absen:02


    Materi sudah cukup jelas, disampaikan dalam rangkuman yang mudah dimengerti jika memahami materi yang telah diberikan

    BalasHapus
  127. Nama: Azka Kamalia Nabila
    Kelas : XI MIPA4
    Absen: 06
    Materi tentang demokrasi ini sudah cukup jelas dan mudah dipahami . Dari makna, ciri-ciri, prinsip-prinsip sampai macam macam demokrasi juga penerapan demokrasi di negara indonesia.

    BalasHapus
  128. Nama : Rezita Yasmin
    Kelas : XI MIPA 4
    Absen : 28

    Terima kasih Pak, materi yang diberikan sudah terjelaskan secara rinci dan mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  129. Nama : Anggun Rina Sholichah
    Kelas : XI Mipa 4
    Absen : 04

    Terima kasih pak, materi yang disampaikan sudah rinci dan mudah dipahami oleh siswa, siswa dengan mudah bisa memahami makna, ciri-ciri, prinsip, macam dari demokrasi.

    BalasHapus
  130. Nama : Kisma Widyaningsih
    Absen : 20
    Kelas : XI MIPA 4

    Materi yang di sampaikan di atas sudah cukup jelas dan mudah untuk di pahami. Terima kasih, Pak.

    BalasHapus
  131. Nama : Hervina Niarda Kartika
    Kelas : XI MIPA 4
    Absen : 18

    Terimakasih pak, materi yang diberikan tentang demokrasi sangat jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  132. Nama : Riska Nur Fadilla
    Kelas : XI MIPA 4
    No. Absen : 29

    Terimakasih pak, materinya sudah jelas dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  133. Nama : Cintya Meriska Adistyara
    Kelas / nomor absen : XI MIPA 4 / 9
    Materinya sudah jelas

    BalasHapus
  134. Nama : Kurotun Nikmatul Kasanah
    Kelas : XI MIPA 4
    Absen : 21

    Terima kasih pak atas materi yang telah disampaikan

    BalasHapus
  135. Nama : Abidah Ardelia Fortuna
    Absen : 01
    Kelas : XI MIPA 4

    Terimakasih Pak atas materi yang telah disampaikan sudah sangat jelas.

    BalasHapus
  136. Nama: Septiana Dwi (31)
    Kelas: XI MIPA 4

    Terimakasih pak, materi diatas sangat mudah dipahami dan sangat jelas

    BalasHapus
  137. Nama : Hanida Shella Pramesti
    Kelas : 11 Mipa 4
    Absen : 17

    BalasHapus
  138. Nama : Gati Dwi Utami
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen : 21

    Terimakasih pak, materi yang diberikan sudah jelas dan mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  139. Nama: Anastasya Ruspita Dewari
    Kelas: XI MIPA 3
    No: 07


    Terimakasih pak materi yang disampaikan sudah jelas dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  140. Nama : Choviva Cerly Arlinda
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen : 13

    Terimakasih pak materi yang disampaikan sudah jelas dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  141. Nama : zahrotul nisa
    Kelas : XI MIPA 4
    NO : 36

    BalasHapus
  142. Nama : Manisha Khairolla
    Kelas : XI MIPA 4
    NO : 22

    BalasHapus
  143. Nama: Devvin Frenty Anista
    Kelas: 11 MIPA 2
    Absen: 09

    BalasHapus
  144. Nama : Amalia Dinar Khairunnisa
    Kelas : XI MIPA 2
    No absen : 02
    Materi yang diberikan mampu menambah pengetahuan tentang sistem dan dinamika demokrasi pancasila di Indonesia

    BalasHapus
  145. Nama : Gresvilla Intan Vatmudya
    Kelas : XI MIPA 2
    No. Absen : 19
    Materi dapat dipahami dengan cermat untuk mendukung pemahaman tentang sistem dan dinamika demokrasi pancasila di Indonesia.

    BalasHapus
  146. Nama : Viqi Dea Maharani
    Kelas : XI MIPA 2
    No. Absen : 35

    Materi yang diberikan jelas dan rinci sehingga mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  147. Nama: Septiani Ravika Sari
    Kelas : XI MIPA 2
    No. Absen : 31
    Materinya mudah dipahami

    BalasHapus
  148. Nama : Arnela Putri Oktaviani
    Kelas : XI MIPA 2
    No. Absen : 07

    Materi yang diberikan sangat jelas dan terperinci, sehingga mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  149. Nama : Trisna Nur Azizah
    Kelas : XI MIPA 2
    No. Absen : 34

    Materi yang diberikan cukup jelas dan singkat sehingga mudah untuk dipahami dan dimengerti.

    BalasHapus
  150. Nama:Wedar Herlana Cholistia
    Kelas:XI Mipa 2
    No. Absen:36
    Materinya lengkap dan mudah dimengerti. Penjabarannya padat, singkat, dan jelas.

    BalasHapus
  151. Nama : Aprillianti Nafiah
    Kelas : XI MIPA 2
    No. Absen : 06

    Terima kasih Pak, materi yang disampaikan cukup jelas dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  152. Nama:Ravindo Bayu Maulana
    Kelas:XI MIPA 2
    No.absen:26

    Terimakasih pak materinya cukup bisa dipahami dan cukup jelass

    BalasHapus
  153. Nama : Alfian Rizka Syahrianur
    Kelas : XI MIPA 2
    No absen :01

    Materinya jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  154. Nama : Mahia Hita Nataneila
    Kelas : XI MIPA 3
    No. Absen : 18

    terimakasih pak, materi yang disampaikan cukup jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  155. NAMA : LU'LUUL HANIIFAH
    KELAS : XI MIPA 3
    NO ABSEN : 17

    materi jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  156. Wenti prikha diansa
    Absen 33
    Kelas xi mipa 3

    Materinya mudah dipahami dan cukup jelas

    BalasHapus
  157. Nama : Zildania Abella Febrianti
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen : 35

    Materi yang diberikan sudah cukup jelas dan mudah untuk dipahami.
    Terimakasih pak

    BalasHapus
  158. Nama : Rafid Aryanto Wicaksono
    No. Absen : 23
    Kelas : XI MIPA 3

    Materi dijelaskan secara rinci dan tidak bertele-tele, sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Terima kasih materimya pak

    BalasHapus
  159. Nama : Sofya Candra Agustyas Pratiwi
    Kelas : XI MIPA 3
    No. Absen : 29

    Materi mengenai makna, ciri-ciri, prinsip, dan macam-macam demokrasi sangat jelas. Begitu pula dengan penerapan demokrasi Pancasila yang mudah dipahami.
    Terimakasih Pak.

    BalasHapus
  160. Nama : Vivilya Ayu Rismaya.
    No.Absen : 32.
    Kelas : Xl-MIPA-3.
    Meterinya dijelaskan secara jelas dan rinci jadinya mudah untuk dipahami, terimakasih pak

    BalasHapus
  161. Nama : Sisilia Fiptika Fibrianti
    No. Absen : 28
    Kelas : Xl MIPA 3

    Materi jelas, rinci dan mudah dipahami , untuk mendukung pemahaman tentang sistem dan dinamika demokrasi pancasila di Indonesia.

    BalasHapus
  162. Nama: Muhammad Syafiq Aldiansyah
    Absen: 21
    Kelas: XI MIPA 3

    Materi jelas dan pembahasan kali ini cukup menarik

    BalasHapus
  163. Nama: Agata Siska Adristi
    Absen: 03
    Kelas: XI MIPA 3
    Materi mudah dipahami, terimakasih pak

    BalasHapus
  164. Nama : Shalkha Hanifi
    Kelas : XI MIPA 3
    No. Absen : 27
    Materi yang disampaikan sangat jelas sehingga mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  165. Nama : Dinda Niskala Armeita
    No. Absen : 11
    Kelas : XI MIPA 3

    Materi tentang Sistem Dan Dinamika Demokrasi Pancasila tersebut disampaikan dengan sangat jelas dan rinci, sehingga mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  166. Nama: Citra Dewi Anggi Arya Saputri
    Kelas: XI MIPA 3
    Absen: 10

    Materi diatas sangat jelas dan rinci,sehingga mudah di pahami. Terimakasih pak

    BalasHapus
  167. Nama: Dayang wintadiningrat
    Kelas: XI MIPA 1
    Absent: 5

    Materinya mudah dipahami, sangat bagus

    BalasHapus
  168. Nama: Kristika Ria Wulandari
    Kelas: XI MIPA 1
    No.Absen: 13

    Materi yang disampaikan rinci dan mudah dipahami. Bisa dengan mudah memahami makna, ciri-ciri, prinsip, macam dari demokrasi.
    Terimakasih pak.

    BalasHapus
  169. Nama: Ellestiana Muhimmatul Rachmawati
    Kelas : XI MIPA 1
    No. Absen : 07

    Masya Allah materinya lengkap sekali dan sangat ringkas, jadi mudah sekali untuk dipelajari, semoga bisa menambah wawasan kami, terima kasih 🙏

    BalasHapus
  170. Nama : Imartha Setyana
    Kelas : XI MIPA 1
    No.Absen : 11

    Materinya jelas, mudah dipahami.

    BalasHapus
  171. Nama : Reva Ramadhana Aryanto
    Kelas : XI MIPA 1
    No. Absen :27

    Materinya lengkap dan mudah dipahami

    BalasHapus
  172. Nama : Rifki Fahrezi
    Absen 28 XI MIPA 1

    BalasHapus
  173. Nama : Amelia Nurmala Sari
    Kelas : XI MIPA 1
    No. Absen : 01


    Materinya sangatlah jelas, rinci dan mudah dipahami. Dari sini saya jadi paham dan mengerti tentang sistem dan dinamika demokrasi pancasila yang ada di Indonesia. Hal ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang demokrasi. Terimakasih pak 👍

    BalasHapus
  174. Nama : Vira Apriliana Putri
    Kelas : XI MIPA 1
    No.Absen : 35

    Materi yang diberikan rinci dan mudah dipahami

    BalasHapus
  175. Nama : Reno Bryant Sjannutama Harma Putra
    No. Absen : 26

    Terima kasih pak atas materinya

    BalasHapus
  176. Nama: Aurella Tifany Eka Putri
    No.absen: 03
    Kelas: XI MIPA 1
    Materinya sangat jelas dan rinci, sehingga mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  177. Nama:hafidah ayu nur anggraini
    No absen:10
    Kelas: XI mipa 1
    Materinya mudah dipahami

    BalasHapus
  178. Nama : Tyar Maharaning Santoso
    Absen : 34
    Kelas : XI MIPA 1

    Materinya jelas dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  179. Nama : Salma Bilqista Queena
    Absen : 30
    Kelas : XI MIPA 1
    Materi jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  180. Nama : Meilinda Nur Azizah
    Absen : 15
    Kelas : XI MIPA 1
    Materinya jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  181. Nama : Melinda Puspita Rahmadani
    Absen : 16
    Kelas : XI MIPA 1
    materinya cukup jelas dan mudah dimengerti maupun dipahami

    BalasHapus
  182. Nama: Dhemala Sagita Fitri
    Absen: 13
    Kelas: XI MIPA 4
    Materinya sangat jelas, cara mendefinisikannya pun menyajikan dari berbagai sumber. Tentunya poin-poinnya mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  183. Nama : Fifit Nurkhasanah
    Absen.: 16
    Kelas. : XI MIPA 4
    Materinya jelas, rinci dan mudah dipahami. Serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang demokrasi.

    BalasHapus
  184. Nama : Elsa Dwi Maningtyas
    Absen : 14
    Kelas : XI MIPA 4
    Materi yang diberikan jelas, terperinci, dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  185. Nama : Hillona Bryliani Rakasiwi
    Kelas : XI MIPA 4
    Absen : 18

    Materi yang diberikan cukup jelas, mudah dipahami dan menambah pengetahuan saya mengenai demokrasi.

    BalasHapus
  186. Nama : Tiara Helanda S
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 35

    Terimakasih pak meterinya jelas, sangat rinci dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  187. Nama : Riski Febri DwiAryani
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen: 33

    Terimakasih, materi yang telah disampaikan cukup jelas sehingga mudah difahami dan dimengerti.

    BalasHapus
  188. Nama : Deswita Prizia A
    Absen : 06
    Kelas : XI MIPA 5

    Terimakasih, materi sangat jelas dan rinci serta mudah dipahami

    BalasHapus
  189. Nama : Dwi Ratna Sari
    Kelas : XI MIPA 5
    No. Absen : 09

    Materi yang diberikan sudah cukup jelas dan mudah untuk dipahami. Terimakasih pak.

    BalasHapus
  190. Nama: La Reassa Revita Salma
    Absen: 21
    Kelas: XI MIPA
    Materinya sangat jelas. Tentunya poin-poinnya mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  191. Nama : Martha Ayu Sentosa
    Kelas : XI MIPA 5
    No.Absen : 22

    Materi nya jelas, singkat, dan mudah untuk dipahami. Terimakasih

    BalasHapus
  192. Nama : Titis Wulan Rimadhani
    Kelas : XI MIPA 5
    No. Absen : 36

    BalasHapus
  193. Nama : Deviani Dini N
    Kelas : Xl MIPA 4
    Absen : 12

    Materinya sangat jelas, cara mendefinisikannya pun menyajikan dari berbagai sumber. Tentunya poin-poinnya mudah untuk dipahami, terperinci, dan jelas.

    BalasHapus
  194. Nama: Nabila Hanin F.
    Kelas: XI MIPA 5
    Absen: 27

    Materi yang diberikan sangat mudah dipahami

    BalasHapus
  195. Nama : sigap poesoko
    Kelas : XI MIPA 4
    Absensi:33

    Materi yang disampaikan sangatlah membantu saya dalam mendalami pembelajaran pkn

    BalasHapus
  196. Nama : Regita Faysafin Humaeni
    Kelas : XI MIPA 5
    No. Absen : 32
    Materi jelas dan mudah dipahami. Terimakasih

    BalasHapus
  197. Nama: Akhbar Abu Rizal
    Kelas:XI MIPA 5
    No.absen:01
    Materi jelas dan mudah di pahami

    BalasHapus
  198. Nama: Evita Febriyanti Rukmana
    Kelas:XI MIPA 5
    Absen: 10

    materi sudah sangat jelas dan mudah untuk dipahami.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI PPKn XI BAB 3 SISTEM HUKUM DAN PERADILAN INDONESIA

MATERI PPKn XII BAB 1 KASUS-KASUS PELANGGARAN HAK DAN PENGINGKARAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA